Robot Doraemon Meluncur Dipasar Jepang

on Senin, 03 Agustus 2009


E-mail Cetak PDF
Robot Doraemon menyapa para penggemarnya di Tokyo. (SuaraMedia News)

Robot Doraemon menyapa para penggemarnya di Tokyo. (SuaraMedia News)

TOKYO (SuaraMedia News) - Siapa pun hampir dipastikan mengenal Doraemon. Tokoh kartun kucing ajaib yang sangat terkenal dari Jepang ini kini menyapa para penggemarnya secara langsung dalam bentuk tampilan yang berbeda. Ya, kini Doraemon hadir dalam bentuk robot.

Memperingati tahun ke-30 kemunculannya dalam acara kartun di televisi, para perancang robot di Jepang memiliki ide untuk merayakannya dengan menciptakan Doraemon versi robot.

Tim perancang robot bernama Bandai memamerkan hasil karya mereka ini di Tokyo Toys Show. Meski keadaan ekonomi tengah tidak menguntungkan, namun nyatanya hal ini tidak memengaruhi Bandai untuk menciptakan robot berteknologi tinggi yang memakan biaya tidak sedikit.

Salah satu juru bicara Bandai mengungkapkan kepuasan mereka karena bisa mewujudkan karakter kartun Doraemon yang sangat dicintai anak-anak ke dalam wujud robot. Melalui robot yang diberi nama My Doraemon ini, para penggemarnya bisa berinteraksi dengan idola mereka.

"Meski My Doraemon tidak bisa berjalan-jalan, namun dia sudah dirancang untuk bisa berinteraksi dengan para penggemarnya," kata juru bicara tersebut, seperti dikutip dari Akihabara News, Kamis (16/7/2009).

My Doraemon memiliki sepuluh ekspresi mata yang berbeda dan 1.300 perbendaharaan kata yang bisa menjadi modal baginya untuk berkomunikasi.

Tokoh penggemar berat kue Dorayaki ini juga memiliki fitur sensor yang bisa membuatnya mengetahui jika ada seseorang yang sedang berada di belakangnya. Lucunya, dia akan segera menganggukkan kepala memberikan hormat pada orang tersebut.

Sayangnya, My Doraemon tidak bisa merespon balik apa yang orang ucapkan kepadanya. Namun kucing gendut ini memiliki keistimewaan dengan hadirnya beberapa fitur sensor cahaya dan suhu panas. Jika kita mematikan lampu, robot Doraemon akan mengucapkan "Selamat malam".

Kelebihan lainnya, Doraemon bisa protes jika suhu ruangan terlalu panas atau dingin. Dia akan mengucapkan kalimat "Wow panas sekali disini" ataupun sebaliknya. Dalam bahasa Jepang, tentu saja.(okz) www.suaramedia.com

0 komentar:

Posting Komentar