Robot Berpotensi Lebih Cerdas Dari Manusia Senin, 27 Juli 2009 11:22

on Senin, 03 Agustus 2009

E-mail Cetak PDF
Robot ini tengah mencharger dirinya ketika mulai kehabisan energi. Beberapa ilmuwan khawatir, robot akan lebih cerdas dari manusia (SuaraMedia News)

Robot ini tengah mencharger dirinya ketika mulai kehabisan energi. Beberapa ilmuwan khawatir, robot akan lebih cerdas dari manusia (SuaraMedia News)

NEW YORK (SuaraMedia News) - Kecanggihan teknologi, lama kelamaan akan bisa membuat sebuah robot mampu memiliki kemampuan yang sama seperti manusia. Mereka bisa mengerjakan tugas-tugas rumit yang biasa dikerjakan manusia.

Namun, menurut para ilmuwan, jika tidak dikelola dengan bijak hal ini akan memiliki dampak buruk dan menghilangkan kendali manusia pada robot ciptaannya sendiri. Bisa saja robot berubah menjadi hasil ciptaan manusia yang berbahaya dan bisa menjadi boomerang bagi manusia itu sendiri. Para ilmuwan mulai khawatir, jika sewaktu-waktu robot akan bisa melebihi kemampuan manusia, atau lebih pintar.

Hal ini diungkap Presiden Association for the Advancement of Artificial Intelligence (AAAI) Eric Hovitz dalam konferensi pembahasan bidang robotik. Menurutnya, ilmuwan komputer harus merespon gagasan mengenai mesin kecerdasan super dan sistem kecerdasan buatan yang disalahgunakan.

"Sesuatu yang baru telah terjadi dalam lima hingga delapan tahun silam. Secara sadar maupun tidak, teknologi telah mengubah tradisi dan nilai-nilai dalam masyarakat," kata Horvitz, seperti dikutip dari The New York Times, Senin (27/7/2009).

Konferensi AAAI akan mencari jalan keluar untuk menetapkan kemungkinan "the loss of human control of computer-based intelligences" atau 'hilangnya kendali manusia dalam mengontrol robot ciptaannya sendiri'.

Horvitz mengatakan, diskusi ini adalah untuk menemukan kesepakatan yang dijadikan tuntunan dalam melakukan riset. Dengan demikian, teknologi robot yang dikembangkan akan lebih memiliki fungsi sosial yang bermanfaat bagi masyarakat ketimbang menjelma menjadi teknologi yang membahayakan.

"Saya berharap, riset mengenai kecerdasan buatan akan sangat bermanfaat bagi manusia. Selain itu, bisa juga mengisi kekurangan manusia," tandasnya.(okz) www.suaramedia.com

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini