Pengaturan Properti Dokument

on Selasa, 04 Agustus 2009


Properti dokument diatur melalui atribut-atribut yang terdapat dalam elemen<(body)>. Sebagai contoh adalah pengaturan warna latar belakang halaman, warna teks, warna link dan lain-lain.

A. Kode Warna
Dalam pengaturan warna menggunakan kode RGB yang mana ditampilkan dalam nilai heksdesimal. setiap bagian dua digit kode menunujukan banyaknya intensitas dari kombinasi warna merah, hijau, dan biru. sebagai contoh 00 pada dua digit pertama berarti tidak ada warna merah dalam kombinasi warna. berikut ini adalah contoh kode warna :




Atribut Elemen <(body)>

Background = Lokasi dan nama file (latar belakang image dokumen)
Bgcolor = Warna (warna latar belakang dokumen, default putih)
Text = Warna (warna text dokumen, default hitam)
Link = Warna (warna link dokumen, default biru)
Vlink = Warna (warna visited link dokumen, default ungu)
Alink = Warna (warna aktif link dokumen, default merah)

Elemen Heading <(H1)> sampai <(H6)>

Tag heading berfungsi untuk memformat heading (judul dan sub-judul) dari suatu halaman web. Heading ini akan memperbesar ukuran huruf setiap jenis heading. Ada tujuh buah heading yang dikenal di HTML, yaitu dari <(H1)> sampai <(H6)>.

Elemen paragraf

Tag paragraf berfungsi layaknya pengturan antar paragraf dalam halaman web anda. Dalam elemen paragraf terdapat atribut align yang berfungsi sebagai pengaturan perataan paragraf. Anda dapat memilih perataan kiri, tengah dan kanan.

Align =[left|center|right]

Elemen Break <(br)>

Elemen break berfungsi untuk memberikan baris baru suatu paragraf dalam halaman web anda. Elemen break tidak memerlukan elemen penutup break.

Elemen Horizontal <(hr)>

Elemen <(hr)> berfungsi untuk menampilkan garis horizontal di dalam halaman web anda. Elemen <(hr)> tidak memerlukan elemen penutup <(/hr)>.

Atribut Elemen Horizontal Rules

Align = [left|center|right] (perataan horizontal, default center)
Size = Pixel (tinggi garis, default 2)
Width = Length (lebar garis, pixel or persen, default 100%
Noshade = (garis solid)

0 komentar:

Posting Komentar