Menyalakan Mobil Dengan Sinar Laser Tak Lagi Mimpi

on Senin, 03 Agustus 2009

E-mail Cetak PDF
Tim dari Liverpool University bekerja sama dengan perusahaan Mobil ternama Ford menciptakan cara yang lebih efisien untuk menyalakan mobil. (SuaraMedia News)

Tim dari Liverpool University bekerja sama dengan perusahaan Mobil ternama Ford menciptakan cara yang lebih efisien untuk menyalakan mobil. (SuaraMedia News)

LONDON (SuaraMedia News) - Lupakan cara lama menyalakan mesin mobil dengan menancapkan kunci dan menstarternya. Teknologi terbaru memungkinkan kita untuk menyalakan mobil dengan sinar laser.

Hal ini menjadi mungkin berkat adanya penemuan baru para ilmuwan yang mengembangkan ignition system atau sistem penyalaan mobil dengan sinar laser.

Tim dari Liverpool University bekerjasama dengan produsen mobil ternama Ford, menciptakan teknologi yang lebih efisien, menggantikan cara menyalakan mesin mobil yang konvensional.

Dengan teknologi terbaru, kendaraan akan mudah menyala meski dalam kondisi cuaca dingin dan buruk sekalipun. Demikian keterangan yang dikutip dari Daily Telegraph, Senin (14/7/2009).

"Kami telah menguji coba sistem ini untuk menyalakan mobil. Nyatanya, sinar laser bisa difokuskan dan dipecah-pecah menjadi beberapa balok sinar yang berbeda-beda untuk menciptakan multi poin penyalaan. Cara ini akan menghasilkan sistem penyalaan yang jauh lebih baik," kata Dr Tom Shenton.

"Penyalaan dengan sinar laser akan meningkatkan performa mesin terutama ketika dalam kondisi cuaca yang dingin," tambahnya.

Shenton juga menyebutkan, cara menyalakan mobil yang umum digunakan saat ini sangat tidak ramah lingkungan. Menstater mobil akan menghasilkan 80 persen emisi gas hasil pembakaran dan membuat mesin cepat rusak.

"Sinar laser juga menghasilkan pembakaran yang stabil sehingga pengguna kendaraan hanya membutuhkan sedikit bahan bakar dalam silinder mesin kendaraan," kata Shenton.(okz) www.suaramedia.com

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini