Kursi Roda Bergerak Dengan Tenaga Pikiran

on Senin, 03 Agustus 2009


E-mail Cetak PDF
Hanya dengan menggunakan kekuatan pikiran, seseorang yang lumpuh dapat menggerakkan Toyota Mind Wheel Chair. (SuaraMedia News)

Hanya dengan menggunakan kekuatan pikiran, seseorang yang lumpuh dapat menggerakkan Toyota Mind Wheel Chair. (SuaraMedia News)

TOKYO (SuaraMedia News) - Sekelompok ilmuwan mengaku telah menemukan cara untuk menjalankan kursi roda hanya dengan menggunakan kekuatan pikiran.

Dilansir melalui Telegraph, Kamis (2/7/2009), sebuah kursi roda berhasil diciptakan oleh perusahaan otomotif asal Jepang, Toyota, melalui penelitian yang dibiayai dengan melibatkan sekelompok ilmuwan.

Untuk menggerakkan kursi roda tersebut, pengguna harus menggunakan penutup kepala khusus yang telah terhubung dengan mesin yang terhubung dengan otak (electroencelograph machine). Nantinya, mesin tersebut akan membaca sinyal dari otak untuk kemudian diterjemahkan ke dalam sebuah gerakan, melalui bantuan komputer yang terintegrasi dengan kursi roda.

"Pengguna tidak lagi memerlukan bantuan orang lain untuk mendorong kursi roda. Cukup dengan memikirkan apa yang harus dilakukan si kursi roda, maka kursi itu sendiri yang akan melakukan apa yang anda inginkan. Ke kanan, kiri, maju, mundur. Untuk berhenti, pengguna cukup mengerakkan dagu ke bawah," ujar pihak Toyota.

Para peneliti dari Toyota menambahkan, kursi roda ini memiliki 95 persen keakuratatan respon gerak. Mereka berharap, teknologi ini dapat digunakan untuk kepentingan rehabilitasi yang mendukung pengobatan pengguna kursi roda, baik fisik maupun psikis.

Menurut Toyota, kursi roda ini merupakan perangkat pembaca pikiran dengan respon yang cepat. Perangkat ini memiliki kemampuan menerjemahkan pikiran ke dalam format gerak dalam waktu 125 milisecond. Sangat jauh dibandingkan teknologi sama dalam sebuah perangkat berbeda, yang kemampuan responnya mencapai 7 detik.(okz) www.suaramedia.com

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini