Energi Listrik Dari Jus Bawang

on Senin, 03 Agustus 2009

E-mail Cetak PDF
Dua bersaudara Gill Onions berhasil mengembangkan tenaga listrik yang dihasilkan dari bawang merah. (SuaraMedia News)

Dua bersaudara Gill Onions berhasil mengembangkan tenaga listrik yang dihasilkan dari bawang merah. (SuaraMedia News)

CALIFORNIA (SuaraMedia News) - Ide cerdas dari dua orang bersaudara, Bill dan Steve Gill mampu memberdayakan limbah bawang merah menjadi sumber energi alternatif.

Kedua bersaudara pemilik perusahaan Gills Onions di California Utara ini mengelola sistem yang mengkonversi 30.000 pon sampah petani bawang merah menjadi sumber energi listrik.

"Kita sering melakukan pengembangan teknologi sumber energi alternatif dengan berbagai cara. Namun belum banyak yang tahu jika bawang merah bisa dijadikan sumber energi," kata Steve Gill.

Salah satu komponen dari sistem ini adalah digester anaerobik yang mengubah bawang busuk menjadi biogas. Gas tersebut kemudian diubah kedalam zat methanol, yaitu komponen utama gas alami.

Proses konversi ini akan menghasilkan gas alami yang bisa memberikan tenaga sel bahan bakar sebesar 600 kilowatt untuk membuat energi listrik. Demikian keterangan yang dikutip dari CNet, Jumat (17/7/2009).

Gills Onions memperkirakan, proyek ramah lingkungan bernilai USD9,5 juta ini akan sangat bermanfaat. Diramalkan dalam kurun waktu enam tahun akan segera memberikan balik modal investasi.

Dari sisi keuntungan lainnya, proyek ini akan mengurangi biaya tagihan listrik hingga USD700.000 per tahun. Selain itu, Gill Onions juga sudah memperhitungkan bahwa proyek yang mereka jalankan akan menghemat biaya pengelolaan sampah bawang sebesar USD400.000 setiap tahunnya.(okz) www.suaramedia.com

0 komentar:

Posting Komentar