Australia Miliki Lubang Dinosaurus Tertua Di Dunia

on Senin, 03 Agustus 2009


E-mail Cetak PDF
Jenis batuan yang membentuk lubang dinosaurus di Australia. (SuaraMedia News)

Jenis batuan yang membentuk lubang dinosaurus di Australia. (SuaraMedia News)

SYDNEY (SuaraMedia News) - Australia miliki hasil penemuan penting yang bisa membantu mengungkap sejarah dinosaurus. Di negeri kanguru tersebut ditemukan tiga lubang dinosaurus tertua di dunia.

Tiga lubang yang terpisah itu masing-masing dibangun dengan desain yang mirip dan cukup besar untuk menampung tubuh dinosaurus kecil. Lubang ini diperkirakan berumur 106 juta tahun dan menjadi yang pertama ditemukan di luar Amerika Utara.

Para peneliti memperkiarakan, pada saat lubang tersebut dibuat, lokasinya lebih dekat dengan Kutub Selatan. Pernyataan ini mendukung teori yang menyatakan bahwa dinosaurus hidup dalam iklim yang dingin dan keras hingga membutuhkan sebuah lubang di bawah tanah untuk tempat tinggal dan bertahan hidup.

Ketiga lubang ini ditemukan oleh peneliti yang sama dengan penemu lubang dinosaurus di Montana AS, yaitu Anthony Martin. Sejak tahun 2006, dia dan tim ekspedisinya melakukan perjalanan yang bertujuan mencari jejak dinosaurus.

"Saya sungguh takjub melihat tipe struktur yang sama dengan yang saya lihat pada bebatuan masa Krestasius di Montana," kata Martin, seperti dikutip dari BBC, Minggu (19/7/2009).

Dia menyebutkan, dua dari lubang tersebut membentuk semi spiral yang diputarbalikkan ke batu yang dulunya tanah. Sementara itu, lubang terbesar sekaligus yang kondisinya paling baik diberi nama terowongan A. Lubang ini terpilin dua kali sebelum berakhir dalam ruangan yang lebih besar dan panjangnya melebihi 2,1 meter.

"Saya telah membuat perhitungan bahwa setiap lubang dibuat oleh dinosaurus berukuran sekira 10 kilogram," kata Martin.

Martin dan timnya menyimpulkan hasil temuan ini menunjukkan bahwa dinosaurus berevolusi dengan perilaku adaptif tertentu dalam penyesuaian dengan ekosistem mereka.(okz) www.suaramedia.com

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini